Disain Grafis, Tips dan Triks

Rahasia Membuat Artikel Berkualitas, Bermanfaat untuk Pembaca Blog

Bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas, baik dan bermanfaat? Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah : "Tujuan membuat artikel di blog untuk apa dan artikel yang ditulis untuk dibaca siapa?" Ke 2 poin inilah yang perlu digarisbawahi ketika baru belajar membuat blog dan menulis artikel. Memang menjadi suatu keharusan kita menulis artikel/konten untuk mengisi blog yang dibuat, seperti kita mempunyai rumah dimana rumah tidak boleh kosong tanpa barang dan perabotan dan fasilitas lainnya. Blog/website merupakan tempat kita untuk menuangkan semua ide, gagasan, cerita, pengalaman, solusi permasalahan bagi orang lain. Jadi dengan membuat artikel blog tentunya artikel yang memberi banyak manfaat kepada pembacanya.

Bagaimana Cara Menulis Artikel Berkualitas ?
Artikel yang berkualitas adalah artikel yang isinya sangat menarik dan bermanfaat untuk orang lain dan orang lain bisa menerapkan secara nyata untuk permasalahan yang dihadapi. Contoh : artikel yang membahas mengenai kesehatan. Supaya artikel mengenai kesehatan bisa dikatakan bagus, tugas anda harus memaparkan secara gamblang, jelas dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan mudah dicerna (tidak kaku) dan uraikan secara mendetail agar pembaca merasa puas karena artikelnya bisa menjadi rujukan untuk suatu permasalahannya. Jadi intinya artikel yang ditulis dapat memberi jalan keluar permasalahan orang lain dan memberi hasil yang nyata kepada orang lain.

Isi artikelnya tidak perlu panjang lebar karena pembaca akan muak dan bosan, yang penting artikelnya padat dan berisi yang dijelaskan secara akurat dan tepat sasaran pada pokok permasalahan sehingga pembaca akan senang dan akan kembali ke blog tersebut untuk mencari artikel lainnya yang dinilai bermanfaat dan baik untuk dibaca berulang-ulang. Usahakan dalam membuat artikel yang bagus jangan banyak becandanya karena pembaca akan merasa tidak yakin dengan artikel yang ditulisnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel Berkualitas?
Mudah saja. "Apabila anda mempunyai pengalaman dan sesuatu yang bernilai maka itulah sesuatu yang bernilai untuk dibagikan kepada orang lain". Sesuatu yang bernilai berdasarkan pengalaman dapat anda tuangkan dan ditulis ke dalam blog. Buatlah artikel secara jujur berdasarkan pengalaman anda sendiri jangan menulis artikel yang orang lain sudah menulis terlebih dahulu kemudian anda mencontohnya untuk di share ulang dengan modifikasi yang tidak jauh berbeda dari asliya.

Semoga artikel ini dapat bemanfaat untuk anda semua.