Disain Grafis, Tips dan Triks

Tips Membuat Blog Support Mobile Friendly Agar Tidak Kena Imbas MobileGeddon

Cara Membuat Blog Support Mobile Friendly - Tanggal 21 April 2015 yang lalu Google update algoritma terbarunya yaitu MobileGeddon. Pengguna mobile atau smartphone kini sudah tidak asing lagi baik dari anak-anak sampai yang tua menggunakan mobile. Begitu banyaknya perangkat mobile yang digunakan untuk membuka website/blog membuat Google mengeluarkan algoritma MobileGeddon karena menurutnya hasil pencarian di google kebanyakan berasal dari mobile. Oleh karena itu blog yang tidak support mobile friendly akan mengalami penurunan peringkat di SERPs. Posisi Rangking blog akan turun di search google dan banyak para blogger dengan trafik tinggi mengeluh karena imbas dari update google terbaru MobileGeddon. Namun update algoritma google mobilegeddon ini tidak berlaku/tidak berpengaruh bagi pencarian dari pengguna desktop dan tablet.

Blog Harus Support Mobile Friendly, maksudnya?
Maksudnya begini : Jika anda sekarang mempunyai blog dan dibuka di mobile atau smartphone maka tampilan blog anda di mobile yang layarnya lebih kecil dari komputer, halaman blog anda dapat dimuat seluruhnya di versi mobile dan tidak boleh ada istilah Content not sized to viewport atau Touch elements too close. Jadi intinya blog yang support mobile friendly menurut google adalah blog yang sudah Responsive seperti blog Ermawati. Blog yang sudah mendukung versi mobile friendly karena responsive akan memudahkan pembaca untuk membuka halaman blog di mobilenya/ponsel, terlebih kalau blog yang mempunyai speed atau fast loading akan lebih enak dan ringan saat membukanya.

Bagaimana Cara Membuat Blog Support Mobile Friendly?
Apabila anda sudah terlanjur menggunakan template blogspot yang tidak Responsive, anda tidak perlu susah payah mendisain ulang blog anda agar mendukung versi mobile, terkecuali anda sudah mahir dalam pengeditan blog menjadi Responsive. Kita ambil cara mudahnya saja untuk membuat blog menjadi mobile friendly yaitu dengan memanfaatkan pengaturan Blogger, karena di blogger/blogspot sudah ada settingan khusus untuk merubah blog ke versi mobile.

Cara Mudah Membuat Blog Mendukung Mobile-Friendly
Blog tidak responsive bisa diaktifkan menjadi blog yang support mobile friendly dengan cara :
1. Login ke blogger
2. Pilih Template
3. Akan tampil gambar seperti dibawah ini, lalu klik gambar seperti roda bergerigi pada menu Seluler

Membuat Blog Support Mobile Friendly

4. Pada menu Pilihan template seluler, anda harus pilih "Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler. Lalu klik Simpan, lihat gambar dibawah dengan tanda panah merah

Membuat Blog Support Mobile Friendly


Bagaimana Cara Cek Blog Sudah Support Mobile Friendly atau Tidak?
Untuk menganalisis URL dan melihat hasil laporan apakah blog mempunyai kriteria desain yang support mobile-friendly anda dapat menggunakan tool Penguji Situs Mobile Friendly dengan alamat https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/. Anda tinggal memasukkan url blog anda lalu klik "Analyze"

SARAN dari Ermawati :
Untuk anda yang baru belajar blogging, agar terhindar dari update algoritma google mobilegeddon, usahakan memilih template blogspot yang sudah responsive yang support mobile friendly, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat.