Disain Grafis, Tips dan Triks

Link Sumber Artikel Muncul Dengan Sendirinya Saat Dicopas Orang Lain

Bagaimana perasaan anda ketika artikel/postingan yang anda tulis dengan waktu yang begitu menguras tenaga dan pikiran lantas di copy paste oleh blog orang lain tanpa memasang link sumber asli dan isi artikel blog anda sama persis tidak diedit atau diubah satupun kata-katanya? Yang lebih parah lagi kalau semua konten blog dialihkan / di-redirect oleh blog AGC. Yang pasti anda sendiri yang bisa merasakan. Dampak dari artikel blog yang dicopas blog orang lain tanpa mencantumkan link sumber secara tidak langsung akan memperburuk seo blog anda dan kemungkinan nantinya Google mencurigai dan mengganggap blog kita sendiri sudah melakukan tindakan Spam karena ulah dari plagiat content blog yang meng-copy artikel tanpa diedit lagi (sama persis dengan artikel kita).

Kalau anda tidak berkenan artikel blog anda di copy paste oleh orang lain, anda dapat melapor langsung ke DMCA Google agar blog copas segera dinonaktifkan dan dihapus oleh Google. Ok sekarang ke topik pembahasan (supaya anda tidak pusing dengan blog copas), anda dapat membuat/memasang kode script didalam template blog anda yang apabila konten blog anda di copas maka secara otomatis akan muncul link sumber asli dari blog anda sendiri, simak caranya dibawah ini.

Cara Memasang Link Sumber Otomatis Ketika Konten Blog di Copy Paste
1. Buka blogger lalu masuk dengan akun anda
2. Pada dasboard blogger silahkan pilih Template => Edit html
3. Tekan Ctrl + F lalu cari kode </body> biasanya ada di paling bawah
4. Kalu sudah ketemu lalu copy paste kode berikut dan letakkan diatasnya

<script type='text/javascript'>
function addLink(){var a=document.getElementsByTagName("body")[0];var b;b=window.getSelection();var c="<br/><br/> Sumber Artikel : <a href='"+document.location.href+"'>"+document.location.href+"</a><br/>Anda sudah mencuri artikel dari blog Ermawati di http://tips-erma.blogspot.com ";var d=b+c;var e=document.createElement("div");e.style.position="absolute";e.style.left="-99999px";a.appendChild(e);e.innerHTML=d;b.selectAllChildren(e);window.setTimeout(function(){a.removeChild(e)},0)}document.oncopy=addLink
</script>

Catatan :
Silahkan dirubah teks miring / Italic pada kode diatas dengan deskripsi anda sendiri

5. Simpan Template

Dengan memasang kode script diatas maka disaat tukang copas meng-copy artikel blog akan muncul link sumber secara otomatis.