Disain Grafis, Tips dan Triks

Merubah Otomatis Semua Link Eksternal (Dofollow) Jadi Nofollow

Di blogger ada 2 istilah yaitu blog Nofollow dan blog Dofollow. Sedangkan Google sendiri menilai kalau blog Nofollow lebih baik daripada blog dofollow. Tetapi blog yang sudah dirubah dari nofollow menjadi dofollow juga bagus untuk seo blog dan juga berpengaruh ke trafik blog. Dan yang pasti blog Dofollow akan banyak diburu blog lain karena dengan berkomentar pada blog dofollow akan mendapat backlink. Sedangkan berkomentar pada blog Nofollow mereka tidak akan mendapat backlink sama sekali dan otomatis pengunjung blog menjadi sepi. Tetapi blog yang masih menerapkan nofollow jauh lebih baik karena dapat mencegah dan mengurangi perbuatan spam melalui komentar blog.

Tag Nofollow merupakan attribut rel yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada Search Engine seperti Google untuk tidak ikut mengindeks link yang menuju /mengarah pada halaman atau situs lainnya. Jadi link eksternal yang ditambahkan tag rel nofollow maka Search Engine tidak akan mengikuti link eksternal tersebut dan yang diindeks hanya postingannya saja. Dengan mengubah semua link eksternal menjadi nofollow yang pasti blog akan baik menurut pandangan Google dan otomatis semakin baik posisi blog di Search Engine terutama search engine terbesar seperti Google.

Cara Merubah Link Eksternal Menjadi Nofollow secara Otomatis
1. Login ke blogger
2. Pada dashboard blogger silahkan pilih Template => Edit HTML
3. Tekan Ctrl+F dan cari kode </head>
4. Copypaste kode dibawah ini dan letakkan diatas kode </head>

<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
<![CDATA[
jQuery('a').each(function(){var a=jQuery(this).attr('href');if(typeof a!='undefined'&&a!=""&&(a.indexOf('http://')!=-1||a.indexOf('https://')!=-1)&&a.indexOf(window.location.hostname)==-1){jQuery(this).attr("rel","nofollow")}});
]]>
</script>


5. Simpan template

Dengan mengubah semua link eksternal menjadi nofollow maka blog anda terhindar dari spam yang dilakukan oleh para komentator yang berkomentar di blog anda. Semoga tips diatas dapat bermanfaat.