Disain Grafis, Tips dan Triks

Rahasia Melindungi Konten Agar Tidak Dibabat Habis oleh Blog AGC (Auto Generated Content)

Blog spammer yang sangat merugikan adalah blog yang menggunakan system redirect/mengalihkan otomatis semua artikel dari blog lain dan blog spammer tersebut mencuri artikel sampai ke akar-akarnya secara otomatis. Blog spammer disebut juga dengan auto blog atau blog AGC  (Auto Generated Content). Yang pasti perbuatan pencurian artikel yang dilakukan oleh blog AGC akan berdampak buruk pada blog yang di auto generated. Berdasarkan pengalaman pada ke 3 blog saya yang sudah di-generated oleh auto blog, saya merasa sangat dirugikan karena trafik blog semakin dan akhirnya ke 3 blog saya jual dan syukur masih ada yang mau membelinya. Pada tutorial kali ini Ermawati akan berikan tips mengatasi pencurian konten oleh blog AGC.

Sebenarnya blog AGC itu seperti parasit yang selalu menghisap artikel-artikel blog, tidak hanya satu blog melainkan banyak blog dengan tujuan untuk mengambil keuntungan sebagai mesin pencetak backlink besar-besaran. Biasanya pada blog AGC pada tiap-tiap halaman blognya terpasang link otomatis yang sudah aktif dan link tersebut selalu diarahkan ke blog induknya yaitu blog/website kepunyaannya sendiri dan kebanyakan link yang diarahkan ke blognya sendiri sudah terpasang Iklan Google Adsense dengan maksud untuk mendapatkan trafik yang tinggi pada blog/website-nya. Dan biasanya blog AGC tersebut rentan kena Banned Google.

Bagaimana cara blog AGC mencuri artikel blog orang lain ?
Sangat mudah sekali bagi blog AGC untuk melancarkan serangannya dan dalam waktu yang sangat singkat (tidak kurang dari 5 menit) maka artikel blog orang lain sudah berpindah ke blog miliknya. Teknik yang diterapkan untuk mencuri artikel blog orang lain secara massal biasanya mereka memanfaatkan “Umpan Feed” (RSS Feed) karena semua blog/website mempunyai feed blog. Blog spammer (autoblog/AGC) biasanya mempunyai situs yang ditugaskan sebagai penyerang di lini depan yaitu sebagai penyedot/pencuri artikel blog yang diincarnya untuk di-redirect/dialihkan ke blognya dan menggunakan teknik update artikel secara otomatis di blogger.

Ada juga yang menggunakan cara mengkloning blog melalui atom.xml di blogger sehingga dalam semua konten akan dieksport ke blognya dan teknik yang mereka pakai dengan memakai perintah : http://namabloganda.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
dan kode yang ditampilkan mereka simpan dengan format xml

Tapi tenang saja karena masih ada teknik yang dapat menghandle pencurian konten blog oleh AGC sehingga blog AGC tidak mampu untuk melancarkan gencatan pengalihan semua konten dari blog kita ke blognya.

Cara Mengatasi Redirect/Pengalihan Artikel oleh Blog AGC
Cara yang paling ampuh agar konten blog kita tidak dicuri dan dialihkan ke blog AGC yaitu dengan memblok "Umpan Blog/Umpan Feed" di menu setelan yang ada di dashboard Blogger, tetapi kita harus mendaftar dulu di FeedBurner dan nantinya di setting ke pengalihan FeedBurner.

Cara Mendaftar ke FeedBurner :
1. Silahkan anda kunjungi situs http://www.feedburner.com
2. Kalau sudah masuk lalu ketikkan : http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default/ seperti gambar dibawah ini dan selesaikan semua petunjuk yang diberikan

cara mencegah artikel dicuri blog AGC


3. Kalau akun Feedburner anda sudah selesai dibuat selanjutnya klik Optimize dan Summary Burner dan di kolom Summary Burner buatlah jumlah karakter dan isi deskripsi seperti gambar dibawah ini

cara mencegah artikel dicuri blog AGC


Cara Membuat Pengalihan/Redirect Umpan Blog Ke FeedBurner :
1. Login ke blogger dengan akun anda
2. Pada dashboard blogger silahkan pilih menu Setelan => Lainnya
3. Pada menu umpan situs di kotak Izinkan Umpan Blog ubah menjadi "Singkat"
4. Dan pada kotak Posting URL Pengubahan Arah Feed silahkan isi dengan url feed anda (kalau feed saya http:/feeds.feedburner.com/tips-erma) lihat gambar dibawah ini dan kalau sudah lalu klik simpan

cara mencegah artikel dicuri blog AGC

5. Biar lebih mantap dan blog AGC tidak akan mendapat apa-apa dari konten blog anda silahkan isi pada kotak Izinkan Umpan Blog dengan umpan "Khusus" dan "Tak Satupun". Tetapi dengan merubah menjadi "Tak Satupun " dampaknya artikel anda lambat di crawl atau terindeks/diindeks oleh Google.

Dengan menggunakan cara diatas InsyaAllah pencurian artikel blog yang dilakukan oleh AGC dapat dinetralisir dan konten blog terhindar dari copy paste secara otomatis oleh blog AGC, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.